TeknologiTutorial

Tips Memperbaiki Komputer Restart Dengan Sendirinya

Pernahkah anda mengalami komputer anda tiba tiba mati dan restart sendiri? itu adalah salah satu dari gejala lain dari kerusakan komputer.
Pertama sekali kita pelajari dulu beberapa penyebab komputer sering restart sendiri seperti berikut ini :
Processor Komputer Terlalu Panas (over Head)
CPU / Processor yang terlalu panas dapat menyebabkan komputer restart, cek suhu CPU sobat pada system BIOS, suhu normal berkisar antara 45º – 55º.
Jika ini yang menjadi penyebabnya. Solusi : Lepas CPU / Processor , bersihkan berikan Thermal Pasta / Pasta Pendingin CPU, lihat kipas / fan nya, jika perlu ganti Thermal Pasta dengan yang baru.
Yang menyebabkan Processor Menjadi Panas Terlalu banyak debu yang menempel pada cooler processor Fan pada processor yang tidak jalan (sudah tidak berfungsi) Thermal paste sudah tidak merekat pada processor dan cooler Ruangan yang panas dan kondisi ruang yang kotor / banyak debu.
Masalah Kerusakan Power Supply
Kerusakan Power Supply sedikit sekali yang memprediksi, Power Supply yang rusak akan mengalirkan listrik yang tidak sempurna yaitu naik – turun dan tersendat – sendat, ketika powersupply tegangan turun, komputer sobat akan restart. [ Solusi : Cara mudah dan ampuh ialah menggunakan fan / kipas yang memiliki lampu, perhatikan terang lampunya, jika terkedip – kedip segeralah ganti power supply.
Kerusakan pada Kelistrikan
Listrik adalah hal utama yang harus sobat periksa, dalam hal ini ialah Voltase (Voltage) tegangan listrik sobat. Gunakan AVO Meter untuk mengecek tegangan voltase listrik sobat, colokkan avo meter pada listrik dinding sobat, apakah sudah mencapai 220 V ? , jika tidak mencapai tegangan 220 V atau hanya sekitar 160– 190 V ( naik turun ), saya jamin komputer sering restrart sendiri dalam hal ini sebagai solusi maka sobat harus menggunakan bantuan Stabilizer / Stavolt. (Supply listrik yang kurang akan menyebabkan komputer restart / mati dan berdampak pada kerusakan Hardware, Hard Disk, Motherboard dan Memory)
VGA Card Rusak
VGA Card yang sudah rusak mengakibatkan bagian pendinginnya akan cepat panas dan tampilan gambar di monitor juga rusak.
Harrddisk Rusak / Bad sector
Hardisk rusak akan mengakibatkan komputer menjadi hang, muncul pesan bluescreen, komputer tidak dapat melakukan booting dan akan restart terus.
RAM / Memori Rusak
RAM yang rusak akan akan menimbulkan bunyi beep dan tidak bisa melakukan booting walaupunmasuk ke windows safe mode. Dari beberapa masalah komputer restart sendiri diatas, sahabat sebenarna bisa melakukan perbaikan sendiri dan tak perlu menghabiskan banyak biaya untuk dibawa ke tempat servis segala.
Demikian tips dari kami tentang Tips Memperbaiki Komputer Restart Dengan Sendirinya, semoga bermanfaat.

Kim Tan

Berbagi Semua Hal Yang Bisa Bermnfaat Bagi Orang Lain.. Karena Ilmu Kalau Tidak Diamalkan Tiada Guna. Lebih Baik Kita Sharing Bermanfaat Untuk Semua Orang.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close